Friday, October 23
Shadow

3 Penyebab Adonan Sagu Keju Kurang Bagus saat di Cetak

Sagu keju adalah salah satu makanan wajib saat lebaran. Teksturnya yang sedikit rapuh dan perpaduan keju dan tepung sagu menjadi kue ini bisa lumer di mulut jika di buat secara pas. Namun membuat adonan supaya menjadi pas memang susah-susah gampang. 3 Penyebab Adonan Sagu Keju Kurang Bagus Saat di Cetak.

Berdasarkan pengalaman saat awal membuat sagu keju. Ada beberapa hal yang menyebabkan adonan yang sudah kita buat menjadi kurang bagus saat di cetak.

3 Penyebab Adonan Sagu Keju Kurang Bagus

  1. Jika teksturnya kurang lembut atau keras itu bisa karena takaran bahan cair kurang. Saya menggunakan santan
  2. Adonan Terlalu lembek, sehingga saat di masukan ke dalam cetakan dan mulai di cetak dengan spuit, tidak berbentuk sesuai yang kita inginkan. Bisa dikarenakan cairan kelebihan.
  3. Adonan terlalu kental, Bisa karena keju yang diparut masih kasar. Saat hendak di cetak dengan spuit, gumpalan kejuĀ  tertahan di dalam cetakan sehingga adonan tidak keluar.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya untuk selalu memastikan lagi tingkat kekentalan adonan. Kalau terlalu kental akan menjadi susah untuk di cetak begitu juga sebaliknya, kalau terlalu encer juga sama. Ini akan mempengaruhi saat kue matang. Kue akan keras atau mudah sekali hancur saat dipegang sehingga di angkat dari loyang pun susah.

3 Penyebab Adonan Sagu Keju Kurang Bagus saat di Cetak

Untuk mendapatkan bentuk dan tingkat renyah yang diinginkan maka kita harus sering latihan mencoba dan bisa merasakan mana adonan yang terlalu kental atau terlalu cair. Terlalu cair atau kental membuat susah di cetak di loyang. Jadi harus dipastikan adonannya sudah pas.

Bahan-bahan dasar pembuat kue juga harus di perhatikan. Semua bahan harus segar. lihat kemasan jika menggunakan santan kemasan, begitu juga keju.

Baca juga :

Bahan Kue yang enak menggunakan bahan berkualitas. Bahan berkualitas membuat hasil kue menjadi lebih enak. Ada rupa ada harga.

Resep Sagu keju

( Fatmah Bahalwan )

Bahan :

  • 300 gr tepung sagu
  • 2 lembar daun pandan
  • 100 gr margarin
  • 50 gr mentega ( butter )
  • 150 gr gula halus
  • 1 butir kuning telur
  • 100 gr keju edam
  • 50 ml santan kental kara

Cara membuat :

  1. Sangrai tepung sagu dan daun pandan dengan api kecil hingga daun pandan kering. Angkat, dinginkan.
  2. Kocok margarin dan mentega hingga putih dan lembut masukan gula,kocok rata, tambahkan kuning telur, kocok rata
  3. Campur tepung sagu dan keju parut, tuang bertahap kedalam adonan mentega, aduk rata. Tambahkan santan, aduk lagi hingga rata.
  4. Masukan adonan ke dalam plastik segitiga, kasih spuit bintang, semprotkan ke dalam loyang tipis.
  5. Oven selama kurang lebih 40 menit dengan panas oven 125C, beda oven beda waktunya

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *