Bagaimana Cara Memilih Telur yang Masih Baik untuk Membuat Kue ?

Memilih telur ayam yang baik untuk membuat kue memang butuh ketelitian. Bagaimana Cara Memilih Telur yang Masih Baik untuk Membuat Kue ?

Bagaimana Cara Memilih Telur yang Masih Baik ?

Ada beberapa cara dalam memilih telur. Jika kita masih di pasar, memilih telur bisa dari baunya untuk menghindari busuk, ukuran telur atau dengan cara di guncangkan sedikit.

Namun jika sudah sampai di rumah, salah satu cara untuk memilih telur adalah dengan merendam telur di dalam air. Bagaimana memulai dan cara mengecek telur tersebut di dalam air ?

  • Bagusnya untuk membuat kue adalah telur yang masih segar atau belum 5 hari. Tandanya kalau telur di taruh di dalam air maka telur dalam posisi tidur dan tenggelam.
  • Telur yang yang runcingnya muncul di permukaan air berarti usia telur lebih dari 5 hari tapi masih boleh digunakan untuk kue yang bisa di taruh di kulkas
  • Sedangkan telur yang posisinya berdiri dalam air maka usia telur adalah 9 hari
  • Telur yang posisinya sudah mengambang di air, usia telur sudah 12 hari dan tidak bagus lagi untuk digunakan

 

Baca juga : Nasi Goreng Zaitun Kambing yang Enak dan Beda dari Yang Lain

Pengetahuan Lain Tentang Telur

Tambahan pengetahuan tentang telur lainnya yaitu pemilihan bentuk telur. Telur yang oval, kuning telurnya lebih banyak sedangkan yang lonjong lebih sedikit. Komposisi kuning telur biasanya beratnya adalah 20 gr sedangnya putih telur 30 gram.

Jadi buat ibu-ibu di rumah yang mau praktek membuat kue, jika meminta menggunakan kuning telur saja dengan ukuran berat, sudah mengetahui. Misal takaran 60 gram kuning telur berarti di dapat dari 3 kuning telur. Berat satu butir telur antara 50-60 gr.

Kuning telur dalam kue bisa untuk olesan karena bisa membuat roti dan kue mengkilat setelah di oleskan kuning telur. Ada yang menambahkan susu cair atau olive oil dan madu untuk campuran olesan kuning telur.

Kegunaan Putih telur dalam membuat kue dan puding. Bagi yang ingin membuat puding dan chiffon cake, putih telur bisa di kocok dan digunakan untuk membuat puding busa. Hasil jadi kocokan putih telur yang di kocok hingga soft peak mirip seperti foam lembuat atau busa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *