Saturday, October 31
Shadow

Kegunaan Cuka Balsamik dalam Hidangan Makanan

Cuka adalah salah satu komponen pelengkap beberapa hidangan. Salah satu jenis cuka adalah Cuka balsamik atau cuka anggur. Kegunaan Cuka Balsamik dalam Hidangan Makanan

Di Indonesia tidak terlalu banyak hidangan yang menggunakan cuka. Biasanya kita menggunakan cuka putih untuk membuat asinan, sambal dan beberapa hidangan lain. Ada beberapa jenis cuka yaitu :

  1. Cuka Putih…….Ini yang biasa ada di rumah, untuk beberapa masakan menggunakan cuka putih dan mudah di cari di pasar.  Cuka ini di suling dari alkohol. Warnanya bening
  2. Cuka Apel…….Cuka ini di buat dari ampas jus apel atau sari apel. Rasanya manis, kecut dan segar, bisa untuk dressing salad, untuk obat dan untuk bumbu rendaman ( marinasi )
  3. Cuka Beras…..biasanya untuk hidangan asia. Hidangan vietnam, Korea, Jepang, Cina. Menggunakan asam aset yang rendah sehingga cocok untuk salad dan beberapa makanan lainnya.
  4. Cuka Kelapa…biasanya untuk beberapa masakan India dan Thailand. Rasanya tajam dan untuk tambahan saus dan bumbu.
  5. Cuka Anggur…ada anggur putih dan anggur merah. Biasanya untuk hidangan Eropa. Untuk yang merah biasanya untuk masak daging merah. Untuk anggur putih biasanya untuk memasak daging putih.
  6. Cuka Balsamic…Rasa cuka ini kombinasi manis dan asam. Cocok untuk hidangan salad sayuran dan buah dan tumisan. Juga cocok untuk hidangan yang tidak terlalu kuat bumbunya. Untuk penambah cita rasa.

Kegunaan Cuka Balsamik dalam Hidangan Makanan

Kegunaan Cuka Balsamik

Cuka balsamik ini familiar dengan masakan italia klasik. Contohnya untuk Risotto, hidangan salad, saus sayuran, daging panggang atau di teteskan sedikit di atas keju parmesan. Cuka ini digunakan setelah proses masak. Jadi setelah hidangan sudah matang lalu tambahkan beberapa tetes cuka balsamik sebelum di sajikan. Produk ini terkenal untuk menambah aroma rasa hidangan.

Bahan pembuat cuka balsamik ini adalah dari anggur yang di fermentasikan anggur dan kulitnya di taruh ke dalam tong-tong besar dan di simpan lama. Semakin lama di simpan maka semakin kental dan terasa keasamannya.

Oleh karena itu karena melalui proses panjang dalam pembuatannya maka harga Cuka balsamik ini mahal.

Baca juga : Nikmatnya Nasi Daun Jeruk yang Menggugah Selera Makan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *