Saturday, October 24
Shadow

Keunggulan Butter daripada Margarin dalam Membuat Kue

Tentu tidak asing lagi mendengar butter dan margarin. Namun mana yang lebih baik butter atau margarin kalau ingin membuat kue ? Keunggulan Butter daripada Margarin dalam Membuat Kue.

Definisi Butter dan Margarin

Margarin terbuat dari minyak nabati yaitu biasanya dari kelapa sawit, teksturnya dan aroma margarin tidak menonjol seperti mentega ( butter ). Sedangkan Butter terbuat dari lemak hewani. Butter lebih pucat warnanya dari margarin, teksturnya lebih lembut dari margarin.

Keunggulan Butter daripada Margarin

Untuk membuat kue kering, penggunaan full butter pada adonan membuat kue kering terasa lembut dan empuk namun tekstur kue rapuh. Jika memang mengharapkan kue kering lembut dan lumer di mulut maka bisa menggunakan komposisi full butter tapi kalau mau sedikit kokoh, bisa mencampur antara butter dan margarin.

Untuk membuat bolu dan kue lainnya, penggunaan full butter membuat hasil kue lembut ,lebih wangi dan pemberi rasa dibandingkan menggunakan margarin. Kelembutannya bisa tahan berhari-hari, berbeda jika hanya menggunakan Margarin.

Keunggulan Butter daripada Margarin dalam Membuat Kue Keunggulan Butter daripada Margarin dalam Membuat Kue

Baca juga : Mengetahui Takaran Ons ( Oz ) Dalam Resep Kue Berbahasa Asing

Menggunakan butter lebih sehat dibandingkan margarine. Ada banyak merk butter di pasaran. Tinggal kita saja yang mana yang merasa cocok. Kalau butter jenisnya ada yang salted dan unsalted.

Jika menggunakan butter salted maka tidak perlu lagi menambahkan garam dalam adonan. Jika unsalted, maka ada penambahan garam dalam adonan.

Butter juga bisa membantu mengembangkan adonan, contohnya untuk pastry.

untuk kesehatan, Butter berfungsi untuk anti kanker kanker, melindungi kesehatan jantung, membantu menurunkan berat badan. Meski berlemak butter mengandung banyak nutrisi, vitamin dan kolesterol baik. Jadi tidak perlu khawatir gemuk

Margarin biasanya lebih cocok untuk tambahan masakan seperti tumis, membuat campuran saus namun untuk membuat kue juga bisa hanya teksturnya berbeda dan aromanya tidak sekuat dengan butter.

Harga butter yang berkualitas biasanya lebih mahal dari pada margarine. Namun beberapa produsen ada yang mencampur antara butter dan margarin, ada beberapa merk misalnya Palmia Royal dan blue band.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *