Monday, August 15
Shadow

Mengenal Kuliner Rujak Juhi sebagai Salah Satu Hidangan Khas Betawi

Bagi yang belum mengenal Rujak ini terutama kaum milenial, yuk di simak. Mengenal Kuliner Rujak Juhi sebagai Salah Satu Hidangan Khas Betawi.

Mengenal Kuliner Rujak Juhi

Rujak adalah makanan yang populer di Indonesia tapi ada jenis-jenis rujak dari Nusantara salah satunya adalah Rujak Juhi. Rujak Juhi adalah makanan khas Betawi, mungkin bagi kalangan anak muda sekarang mereka tidak mengetahui asal rujak ini dan apa beda dari rujak yang lain.

Komponen Rujak ini berisi mie kuning rebus, potongan timun, Potongan tahu yang di goreng dadu, potongan kentang rebus, daun selada, Juhi, Bumbu kacang yang sudah halus dan emping melinjo. Khasnya adalah Juhi

Mengenal Kuliner Rujak Juhi sebagai Salah Satu Hidangan Khas Betawi Mengenal Kuliner Rujak Juhi sebagai Salah Satu Hidangan Khas Betawi

Apa itu Juhi ? Juhi adalah cumi kering yang di suwir-suwir halus. Rasanya asin, gurih namun tidak bau amis. Cocok dengan segarnya sayuran yang tidak direbus tadi.

Bahan-bahan rujak cukup simpel dan mudah banget di temukan di pasar dan membuatnya sendiri pun juga mudah.

Kalau mau coba sendiri, modalnya murah, bahan segar dan bisa buat lebih banyak. Komponen bahan bisa di tambahkan sesuai selera.

Hidangan Rujak juhi sudah masuk food court di Mall dan Restoran yang sudah buka di mall seperti di kafe betawi. Karga per porsi kalau sudah masuk mall hampir 40 ribu. Nah, Kalau buat sendiri di jamin bisa lebih banyak.

Pembuatannya langsung saat hendak di makan, jadi masih fresh. Ini bisa dijadikan hidangan segar menyehatkan selain masakan utama.

Resep Rujak Juhi

Kalau di perayaan pesta yang di selenggarakan oleh masyarakat betawi juga tidak selalu ada rujak juhi ini. Jadi mari yuk buat sendiri di rumah.

Resep Rujak Juhi ( dari Primarasa )

Bahan
100 g juhi kering
300 g kentang
minyak goreng
200 g mi basah
100 g kol
2 buah mentimun
emping goreng / kerupuk merah

Saus kacang
3 buah cabai merah
2 siung bawang putih goreng
175 g kacang tanah goreng
1 sdt garam
200 g gula merah, sisir
1 sdm kecap manis
400 ml air panas
2 sdm cuka 5%

Cara masak:
1. Bakar juhi di atas bara api dengan panas sedang hingga juhi matang, balik-balikkan agar matangnya rata, angkat. Rendam dalam air panas selama 3 – 5 menit, tiriskan. Pukul-pukul juhi hingga memar, jangan sampai putus, kemudian suwir-suwir tipis, sisihkan.

2. Panaskan air dalam dandang hingga mendidih, masukkan kentang, kukus hingga matang, angkat. Kupas kulit kentang selagi panas. Panaskan minyak goreng dalam wajan, goreng kentang hingga berkulit, angkat. Biarkan dingin, lalu iris tipis melintang. Bisa juga tidak menggoreng lagi kentang setelah di rebus. Di sesuaikan saja dengan selera masing-masing

3. Seduh mi dengan air panas, tiriskan. Buang tulang tengah kol, kemudian iris halus. Iris tipis serong mentimun, sisihkan.

4. Saus kacang: Haluskan cabai dan bawang putih. Tambahkan kacang tanah goreng, ulek kembali hingga halus, lalu bubuhkan garam, gula, dan kecap, aduk rata. Pindahkan dalam mangkuk kecil, tambahkan air panas, aduk hingga adonan licin, tambahkan cuka, aduk.

5. Penyajian: Atur semua bahan dalam piring saji, siram saus kacang di atasnya. Taburi dengan juhi suwir, hidangkan bersama emping goreng / kerupuk merah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »
error: Content is protected !!