Tuesday, May 17
Shadow

Pernah Nyobain Mie Gomak ? Makanan Khas Medan yang Enak

Makanan nusantara yang saya coba kali ini adalah mie gomak. Mungkin pernah dengar. Pernah Nyobain Mie Gomak ? Makanan Khas Medan yang Enak.

Pernah Nyobain Mie Gomak ?

Saya pernah makan mie gomak dua kali. Pertama sebagai lauk pelengkap lontong medan. Kedua saat saya mampir kafe Kongkow. Salah satu menunya adalah mie gomak.

Di kafe Kongkow adalah tentang hidangan makanan medan, Mie medan, burger medan dan lain-lain. Buat yang kangen makanan Medan, bisa jadi pilihan nih. Untuk membandingkan rasa mie gomak yang otentik itu kebetulan saya juga baru kedua kali makan mie gomak jadi yang berbeda ada di bumbunya dan tambahan sayurannya. Sayangnya belum pernah langsung menyantap di daerah asalnya yaitu Medan sehingga saya tidak bisa cerita banyak.

Pernah Nyobain Mie Gomak ? Makanan Khas Medan yang Enak

Apa sih mie gomak itu ?

Mie ini bentuknya agak gepeng namun ada juga yang agak bulat panjang seperti spaghetti. Bumbu khasnya adalah tambahan andaliman. Andaliman khas Medan dan itu ciri khas bumbu yang tidak bisa di hilangkan untuk memasak mie gomak. Mienya bisa dengan kuah atau goreng. Gomak artinya mie di ambil dengan tangan

Baca juga : Mengenal Hidangan Lomie lebih Jauh dan Cara Membuatnya

Membuat mie gomak sendiri di rumah tentu saja bisa. Kalau mau di coba bisa lihat resep ini.

Bahan :
500gr mie gomak
Kerupuk/bawang goreng
Tomat/mentimun
2 butir telur
Kol sesuai selera diiris besar
Sawi hijau/pakcoy dipotong besar
1,5 sdm garam/ sesuai selera
5 sdm kecap asin (optional)
5-8 sdm kecap manis (bisa ditambah jika suka manis)
Air secukupnya

Bumbu di haluskan :
10 cabe merah
15 cabe rawit ( jika suka pedas bisa ditambah )
4 bawang putih
3-5 bawang merah besar
1/2 sdt kunyit bubuk
2 genggam andaliman
6 kemiri
Jahe 1 ruas
1 ruas jari lengkuas
1 sdt lada
Cara membuat :

  • Rebus mie gomak sekitar 15 menit sampai matang kemudian tiriskan. Aku pakai migomak yang warna kuning cerah yah. Kalau mau mie gomak biasa yang warna putih juga bisa.
  • Tumis semua bumbu halus sampai wangi
  • Kemudian masukkan sayur kol dan aduk-aduk.
  • Tambahkan sedikit air dan tunggu sampai kol hampir matang. Aku akan bikin mie goreng yang agak nyemek (sedikit lembab atau berkuah) jadi airnya aku tambah. Kalau ngga suka mie nyemek airnya sedikit saja.
  • Jika kol udah matang masukkan telur dan aduk-aduk. Kemudian pada tahap ini masukkan kecap asin, garam dan kecap manis. Jika suka manis kecap boleh ditambah. Cek rasa, tambah garam jika dirasa kurang.
  • Masukkan sawi hijau/pakcoy. Aduk sebentar kemudian masukkan mie gomak.
  • Aduk sebentar sampai semua bumbu tercampur dengan mie.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!