Saturday, October 24
Shadow

Resep Cheese Stick Renyah dengan Satu Telur yang Simpel

Cheese stick adalah salah satu penganan snack yang menjadi favorit banyak orang dari masa ke masa. Berbagai resep cheese stick sangat mudah di jumpai. Namun keberhasilan membuat cheese stick berbeda setiap orang. Karena setiap orang punya cheese stick favorit masing-masing. Resep Cheese Stick Renyah dengan Satu Telur yang Simpel

Pada umumnya, resep cheese stick menggunakan bahan seperti tepung, keju dan telur. Namun setelah melewati berbagai macam percobaan ada beberapa cheese stick yang menurut saya lebih renyah dan tidak terlalu banyak menggunakan telur.

Awalnya saya mengikuti betul dengan apa yang tertulis di resep namun pada akhirnya saya memodifikasi resep tersebut dan mengujinya. Bagi yang suka masak di dapur, terkadang improvisasi resep di perlukan. Dibawah ini saya modifikasi resep.

Resep Cheese Stick Renyah dengan Satu Telur yang Simpel

 

Resep Cheese Stick Renyah Satu Telur

( Resep asli dari buku resep Primarasa )

Bahan :

220 gr Tepung terigu

30  gr  Tepung kanji ( bisa diganti dengan tepung Sagu Tani )

100 gr Keju parmesan parut ( bisa di ganti Keju edam lebih enak )

50   gr Keju Cheddar parut

1 butir telur

1 sdt garam

1/2 sdt merica

75 gr Margarin yang di lelehkan

3 sendok makan air atau secukupnya

Minyak goreng

Cara membuat :

Campur tepung, keju parut, garam kemudian masukan margarin atau butter dan telur. Margarin atau butter di tuangkan setelah sudah mulai hangat  ke dalam adonan. Uleni hingga kalis / licin.

Kemudian bagi adonan ke dalam 3 bagian dan tipiskan dengan rolling pin. Masukan ke dalam mesin penggiling mie. Tujuannya supaya bisa pipih. Pasang alat pemotong mie, putar dan menghasilkan potongan panjang yang sama besarnya.

Panaskan minyak goreng dan set api menjadi sedang. Jika sudah panas, masukan adonan yang sudah di potong-potong ke dalam wajan.

Baca juga : Dijual Bubuk Kopi Toraja Berkualitas di Pondok Cabe

Seputar Cheese Stick

Untuk resep diatas, aslinya menggunakan dua telur tapi saya menggunakan satu telur dan ternyata masih tetap renyah. Ini bagi yang tidak suka terlalu banyak telur pada kue, boleh di coba. Telur di kocok dahulu sebelum di campur ke adonan. Jika ingin membuat dua kali resep maka telur juga dikali dua.

Untuk jenis keju, pada resep asli menggunakan keju edam tapi saya menggunakakan keju yang ada yaitu keju parmigiano atau jenis keju parmesan dan keju cheddar yang biasa. Yang sesuai ada di rumah. Kalau pingin keju jenis lain boleh saja, tergantung selera tapi jangan keju leleh saja.

Untuk penggorengan, jika sudah sampai kekuningan agak cokelat bisa langsung di angkat. Menggunakan api sedang.

Menaruh potongan adonan sekaligus ke wajan bisa, nanti akan terlepas sendiri di wajan. agak sedikit di aduk saja suda terlepas.

Jika ingin stick tetap lurus, di rapikan saja pas menaruh di wajan supaya hasilnya lurus tapi kalau untuk di konsumsi sendiri, langsung di taruh saja tidak perlu di rapihkan juga tetap enak.

Tepung kanji dan telur membuat cheese stick renyah. Jika ada tepung sagu tani dan sagu merk lain yang bagus bisa menggantikan tepung kanji.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *