Friday, October 23
Shadow

Berapa lama Sisa Ragi Instan Roti Bisa Disimpan ?

Dalam resep untuk membuat roti, ada kalanya ragi instan yang di butuhkan hanya setengah bungkus saja. Itu berarti ada sisa ragi yang belum digunakan lagi. Berapa Lama Sisa Ragi Instan Roti bisa di Simpan ?

Bagi yang punya usaha roti atau yang suka membuat roti di rumah, pasti suka membeli ragi instan. Ada yang lebih suka membeli dalam jumlah banyak ada juga yang hanya membeli secukupnya sesuai keperluan.

Berapa lama Sisa Ragi Instan

Ragi atau yeast adalah komponen dalam proses fermentasi adonan roti atau kue. Karbondioksida yang dihasilkan menyebabkan adonan mengembang sehingga menghasilkan bentuk lebih besar. Akibat proses fermentasi menyebabkan roti mengembang dan lembut juga terdapat rongga di dalamnya.

Berapa lama Sisa Ragi Instan Roti Bisa Disimpan ? Berapa lama Sisa Ragi Instan Roti Bisa Disimpan ?

Baca juga : Rahasia Kembang Goyang Renyah tanpa Banyak Minyak

Cara untuk menyimpan sisa ragi instant setelah digunakan yaitu dengan memasukan ke dalam botol kaca atau bisa juga toples plastik yang bisa di tutup rapat. Pastikan toples atau botol sudah bersih sebelum memasukan ragi dan pastikan tutup botolnya berfungsi baik.

Setelah ragi dimasukan ke dalam botol selai atau atau ke dalam toples plastik, maka masukkan ke dalam freezer. Jika hendak di pakai, turunkan dahulu ke rak bawah di dalam kulkas, jangan di freezer lagi. Gunakan secukupnya dan wadah ditaruh kembali ke dalam freezer.

Tahan bisa beberapa bulan. Disarankan kalau memang tidak sering membuat roti, belilah ragi instan kemasan kecil. Kalau tidak habis dan hanya di taruh di suhu ruang, akan lebih baik digunakan sisanya maksimum dua hari. Taruhlah di wadah yang rapat dan taruh di kulkas tanpa harus ke freezer. Ini jika dalam waktu dekat hendak digunakan lagi.

Untuk menguji ragi masih aktif atau tidak dengan menaruh satu sendok teh ragi di dalam mangkuk kecil dan dicampur sedikit air hangat dan sedikit gula. Jika setelah 10-15 menit masih berbuih dan mengembang maka ragi masih baik. Dalam resep ada yang langsung mencampur ragi kering ke dalam adonan tepung ada yang di larutkan dahulu dalam air hangat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *