Monday, September 20
Shadow

Kulineran Cakwe Ko Atek yang Legendaris di Pasar Baru saat PPKM

Buat yang suka Cakwe dan Kue bantal yang kopong, mesti coba kuliner legendaris ini. Kulineran Cakwe Ko Atek yang Legendaris di Pasar Baru saat PPKM

Kulineran Cakwe Ko Atek

Letak pedagang cakwe di Pasar baru ini ada di belakang dari gedung Bakmi Gang kelinci Pasar Baru. Tersembunyi, tempatnya juga kecil dan sederhana. Yang jualan itu suami istri Tionghoa. Sebelum pandemi, yang beli mengantri hingga panjang.

Cakwe terbuat dari ragi instant, gula pasir, air, tepung terigu protein tinggi, garam, baking powder dan baking soda. Penyajiannya yang umum dengan bumbu sambal asam cair. Ini Cakwe dari Jawa Barat. Sedangkan dari daerah lain Kalimantan dan Jawa Tengah, dengan sambal yang berbeda.

Harga Cakwe atau Kue bantal yaitu Rp 6,000. Cakwe, Cahkwe atau Cakue Ko Atek sudah terkenal cukup lama di kawasan Pasar Baru.

Alamatnya : Jl. Belakang Kongsi No.31, RT.1/RW.3, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Jakarta 10710

Kulineran Cakue Ko Atek yang Legendaris di Pasar Baru saat PPKM Kulineran Cakue Ko Atek yang Legendaris di Pasar Baru saat PPKM

Baca juga : Bakmi Gang Kelinci Kini, Nostalgia Kuliner Terkenal di Pasar Baru

Untuk kue bantal dijual juga. Cakwe pasangannya kue bantal dengan sambal yang sama atau tanpa sambal. Namun disini kue bantalnya juga kopong isinya dan tidak ada taburan wijen di atasnya. Soal selera aja kalau suka yang kue bantal padat dengan wijen, akan lebih gurih.

Kue bantal terbuat dari Bahan-bahan dibawah ini :

250 gr tepung terigu (segitiga biru)
1 butir telur ayam
2 sdm margarin
2 sdt susu kental manis (bendera)
5 sdt gula pasir
1 sdt ragi instan (fermipan)
1 sdt vanili cair
100 ml air
secukupnya wijen

Kalian bisa coba sendiri di rumah, begitupun dengan cakwe. Bahannya semua mudah di dapat.

Dahulu ada beberapa penjual cakwe dan kue bantal di Pasar Baru, namun saya baru ke Pasar baru lagi setelah sekian lama dan saat sudah ada pelonggaran PPKM. pedagang kaki lima tidak semua buka. Pasar atom di Pasar baru juga masih tutup.

Ramayana Pasar Baru juga tutup. Jadi kondisin Pasar baru tidak seramai dahulu, karena sebagian tutup.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!