Sunday, April 11
Shadow

Pengalaman Menikmati Nasi Kerabu untuk Menu Sarapan di Malaysia

Nasi kerabu adalah hidangan yang termasuk jarang di jumpai di Jakarta. Pengalaman Menikmati Nasi Kerabu untuk Menu Sarapan di Malaysia.

Pengalaman Menikmati Nasi Kerabu

Saya termasuk yang suka travelling dan suka mencoba makanan baru. Menurut saya makanan yang tidak biasa itu unik. Saat saya berkunjung ke Malaysia setahun yang lalu, saya mencoba menu nasi krabu dan beberapa lauknya.

Warna ungu dari nasi, menarik perhatian saya dan saya ingin mencoba rasanya. Warna ungu ternyata di dapat dari kembang telang. Nasi Kerabu adalah salah satu hidangan khas malaysia. Merupakan suatu pengalaman yang berkesan bisa mencoba nasi Kerabu langsung dari negara asalnya, Malaysia.

Penjual nasi kerabu ini berada tidak jauh dari tempat tinggal teman saya di Malaysia. Sebenarnya ada macam-macam jenis sarapan yang di jual saat itu, tapi saya memilih nasi kerabu.

Rasanya gurih dan terasa rempahnya. Saya belum pernah mencoba membuat nasi krabu di rumah. Ini karena agak susah mencari kembang telang. Yang saya pernah coba adalah nasi hijau dari cabe hijau.

Baca juga : Cara Membuat Saus Bechamel Yang Mudah untuk Hidangan Pasta

Pengalaman Menikmati Nasi Kerabu untuk Menu Sarapan di Malaysia

Resep Nasi Kerabu dari cookpad

Bahan-bahan

  1. 15 bh bunga telang
  2. 3 bh daun salam
  3. 2 bh daun jeruk
  4. 3 cup beras
  5. 2 bh sere
  6. 1 bh santan kara ukuran kecil
  7. secukupnya garam

Langkah

  • Cuci bersih bunga telang lalu rendam dgn 1 L air panas
  • Cuci bersih beras,masukkan bahan bumbu. Airnya dari rendaman bunga telang dan santan (seperti memasak nasi biasa)
  • Sudah di aduk rata, tunggu 10 menit lalu sesekali aduk dan tunggu matang.

Hidangan lauknya bisa apa saja sesuai selera. Nasi kerabu ini unik karena warnanya. Kita juga bisa menemui kembang telang tumbuh di Indonesia dan sudah banyak juga yang menjual nasi kerabu di Indonesia. Hanya saja saya mencoba pertama kali kebetulan adalah di Malaysia.

Budaya dan kuliner antara Indonesia dan Malaysia memang hampir mirip. Saat travelling dan mencoba kuliner baru di tempat baru akan memperkaya pengetahuan kita tentang masakan, cita rasa dan budaya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!