Friday, October 23
Shadow

Apakah Ragi bisa menggantikan Baking Powder dalam Membuat Kue ?

Untuk pengembang kue, kita menggunakan baking powder dan untuk pengembang roti, fermentasi tape dan beberapa makanan, kita menggunakan ragi. Apakah kedua bahan tersebut bisa di tukar ? Apakah Ragi bisa menggantikan Baking Powder dalam Membuat Kue ?

Ragi adalah zat yang dapat menyebabkan fermentasi. Mengandung mikroorganisme yng bisa berfermentasi dan media biakan bagi mikroorganisme tersebut.

Baking powder terbuat dari campuran sodium bicarbonate yang dicampur dengan bahan asam dan bahan lainnya meliputi tepung jagung atau kentang, dan garam asam seperti mono-kalsium fosfat dan natrium aluminium sulfat / natrium asam pirofosfat.

 

Apakah Ragi bisa menggantikan Baking Powder dalam Membuat Kue ?

Apakah Ragi bisa menggantikan Baking Powder dalam Membuat Kue ?

Penggunaan Baking powder pada resep kue, tujuannya untuk membuat kue mengembang. Kue mengembang saat dalam proses pemanggangan atau baking. Sedangkan untuk ragi, adonan mengembang saat fermentasi sebelum di masak dan kemudian bertambah sedikit setelah dalam proses panggang atau di goreng.

Baking powder yang sudah mengandung asam tak perlu campuran bahan lain untuk membuatnya bereaksi. Saat baking powder tercampur dengan bahan cair, adonan akan langsung mengembang. Baking powder biasanya digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat cake atau kue basah.

Untuk ragi, Dalam pembuatan roti dan kue, ragi berfungsi memfermentasi karbohidrat, menghasilkan CO2 (karbon dioksida), dan menciptakan kadar alkohol dalam tepung.

Adonan roti atau kue akan mengembang karena CO2 yang terperangkap dalam gluten (zat dalam tepung). Alkohol yang tercipta juga menguap selama proses pemanggangan. Ragi membuat adonan tepung menjadi elastis dan lebih melekat sehingga menaikkan cita rasa dan aroma dari roti.

Baca juga : Mengenali Resiko Stroke sejak Dini dan Perlindungan Proargi 9 Plus

dari kesimpulan di atas, ragi mempunya ciri khas menambah rasa dan nutrisi pada roti, sedangkan untuk baking powder mengandung asam (cream of tartar ) dan basa (natrium bikarbonat) yang berinteraksi satu sama lain dengan memasukkan air, menciptakan gelembung karbon dioksida yang membuat roti naik. Jika baking powder menggantikan ragi pada adonan roti, maka akan bisa mengembang pada saat di masak namun mungkin tidak menghasilkan serat yang baik pada roti tersebut. Roti mempunyai serat tersendiri yang dihasilkan dari fermentasi ragi.

Dalam beberapa resep, Ragi lebih sering digunakan untuk adonan roti. Namun ragi tidak hanya untuk roti, ada beberapa resep kue juga yang menggunakan ragi. Contohnya adalah kue pukis, martabak. Ragi membuat tekstur kue mempunyai serat lain halnya dengan baking powder. Pizza termasuk ke dalam jenis roti, memang menggunakan ragi.

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *