Thursday, October 15
Shadow

Mengatasi Permukaan Bolu Retak Saat Di Panggang

Bagi yang pernah memanggang kue bolu, mungkin pernah mengalami permukaannya tidak mulus karena retak akibat mekar. Tapi ada juga yang membiarkan hal itu terjadi dan tetap di sajikan. Mengatasi Permukaan Bolu Retak Saat Di Panggang.

Mengatasi Permukaan Bolu Retak saat di Panggang

Sebenarnya bolu yang retak adalah keberhasilan adonan mengembang dengan baik namun kelihatan kurang bagus di lihat karena permukaannya retak saat disajikan.

Jika menggunakan oven listrik, atur temperatur oven dan waktu pemanggangan. Jika dalam resep menggunakan temperature 180 derajat, belum tentu sama dengan oven yang kita gunakan. Bisa jadi oven yang kita punya suhunya cepat panas dan bolu jadi cepat mekar dan mungkin saja cepat gosong.

Waktu pemanggangan juga demikian, bisa jadi berbeda dari yang di tulis di resep. Oleh karena itu penting mengenali oven masing-masing. Untuk mengetahuinya coba di tes dahulu.

Jika menggunakan oven tangkring atau yang di panggang di atas kompor maka waktu pemanggangan harus sering di lihat sendiri. Gunakan saja timer. Setting timer sendiri. Oven tangkring ada dua jenis yaitu yang bisa api atas juga dan ada yang hanya api bawah.

Hal di atas berdasarkan pengalaman saya saat memanggang bolu. Catatan dari saya, kalau ingin mengurangi retak atau tidak retak, maka atur temperatur oven

Mengatasi Permukaan Bolu Retak Saat Di Panggang Mengatasi Permukaan Bolu Retak Saat Di Panggang

Jadi dengan mengecilkan temperatur dari yang di tulis di resep maka kue tidak retak. Mungkin karena oven saya terlalu cepat panas. Dengan mengurangi temperature oven mungkin pemanggangan akan sedikit lebih lama. Pastikan saja melakukan tes tusuk. Kalau dalamnya sudah kering berarti sudah matang.

Baca juga : Rempah Andaliman yang populer untuk Masakan Sumatera Utara 

Contoh, dalam resep tertulis untuk memanggang kue di temperatur 180 derajat. Saya menggunakan 170 derajat namun waktu panggang mungkin akan lebih lama atau jika 15 menit pertama di suhu tinggi kemudian di turunkan setelah melihat kondisi mau mekar dan retak.

Jika menggunakan loyang tulban biasa, maka yang di atas adalah yang permukaan retak. Tapi kalau menggunakan loyang modern seperti signora, loyang teflon atau aluminium yang bagus maka yang retak bisa berada di bawah karena yang di sajikan adalah bawahnya yang ada motifnya. Jadi tinggal terserah saja.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *