Friday, October 16
Shadow

Mengenal Perbedaan Tepung Terigu Protein Tinggi, Sedang dan Rendah

Dalam memasak kue di rumah, kita harus mengetahui jenis tepung terigu yang cocok digunakan untuk makanan yang akan di olah. Produsen tepung saat ini mempunyai pilihan tiga jenis tepung. Apa sih beda dan kegunaan tepung protein tinggi, serbaguna dan rendah ? Mengenal Perbedaan Tepung Terigu Protein Tinggi, Sedang dan Rendah.

Dahulu yang kita ketahui, hanya ada satu jenis tepung terigu. Namun kemudian muncul tepung terigu protein tinggi, serbaguna dan rendah. Produsen terigu sudah menjelaskan dalam kemasan digunakan untuk jenis makanan apa saja tepung tersebut. Apakah penggolongan tepung terigu tersebut bermanfaat ?  Menurut saya jadi lebih bermanfaat dan membantu.

Baca juga : Vitamin C Cegah Virus dengan Cara Alami melalui Herbal

Pengetahuan mengenai tepung terigu yaitu kandungan tepung dan alasan menggunakan tepung tersebut bisa menjadi pengetahuan tersendiri. Melihat hasil akhir dari makanan yang dibuat dengan tepung tersebut juga membuat kita puas dengan hasilnya.

Mengenal Perbedaan Tepung Terigu Protein Tinggi, Sedang dan Rendah

Mengenal Perbedaan Tepung Terigu

Yuk melihat perbedaan dan kandungang jenis tepung :

  • Tepung Terigu Protein Tinggi ( Bread Fluor )

Tepung ini jika digunakan untuk membuat roti maka hasilnya menjadi mengembang lebih baik setelah bertemu dengan ragi dan bentuknya pun tetap konsisten. Ini karena tepung protein tinggi mengandung lebih banyak gluten dan karena sifat protein tinggi yang kenyal, mudah digiling dan lembut. Daya serapnya juga tinggi. Mengandung protein sekitar 13 – 14 %.

Digunakan untuk membuat aneka roti, mie dan bisa juga untuk kulit risol supaya tidak mudah sobek

  • Tepung Terigu Protein Sedang atau serbaguna ( All Purposed Fluor )

Tepung ini baik digunakan untuk membuat aneka gorengan, roti goreng pun bisa tanpa dicampur tepung protein tinggi, untuk cake kukus maupun panggang, membuat pasta dan hampir semua masakan lainnya. Protein yang terkandung yaitu sekitar 11 – 12 %

  • Tepung Terigu Protein Rendah

Cocok untuk membuat cookies, biskuit, dan cake. Ini karena kadar airnya rendah dan bisa di panggang dengan hasil yang lebih baik.

Untuk beberapa resep sering kali terigu protein tinggi di campur dengan tepung protein sedang atau ada juga tepung terigu protein sedang di campur dengan tepung non gluten.

Jika tepung terigu adalah tepung dengan kandungan gluten, ada beberapa tepung yang non gluten, yaitu tepung beras, tepung maizena, tepung jagung, tepung kentang, tepung tapioka /sagu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *